MORULA IVF Jakarta

Beranda / Jaringan BetterMed / MORULA IVF Jakarta

About

Morula IVF Indonesia merupakan bagian dari Bundamedik Healthcare System yang fokus dalam pengembangan klinik fertilitas “Morula IVF” di Indonesia. Dalam pengembangan Bundamedik Healthcare System, pada tahun 1997 mendirikan Klinik Fertilitas Morula yang saat ini telah berganti nama menjadi Morula IVF Jakarta, telah menjadi salah satu klinik fertilitas terbesar di Indonesia dengan peningkatan pasien yang mengikuti program Bayi Tabung semakin bertambah setiap tahunnya dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 30% pertahun.

Menyadari betapa tingginya kebutuhan akan pelayanan program fertilitas yang terstandar baik dan menghasilkan outcome yang baik, maka Bundamedik Healthcare system berkomitmen untuk terus mengembangkan klinik-klinik fertilitas Morula IVF di Indonesia dibawah payung “Morula IVF Indonesia”, yang hingga kini telah ada 10 klinik Morula IVF.

Center of Excellence

Bayi Tabung atau In Vitro Fertilization adalah sebuah Teknik Reproduksi Berbantu dengan cara mengawinkan sperma dalam jumlah tertentu dengan sel telur, diletakkan dalam sebuah cawan berisi medium tertentu, yang keseluruhan prosesnya dilakukan di luar tubuh manusia. Perkawinan dan pengkondisian antara sel sperma dengan sel telur dilakukan menggunakan media kultur dan dilaksanakan di Laboratorium Embryology.

Teknik Intra Cytoplasmic Sperm Injection (ICSI) dilakukan bila hasil analisa sperma menunjukkan kualitas dan jumlah sperma sangat minim. Untuk terjadinya konsepsi, atau perkawinan, yaitu bantuan manusia dibutuhkan pada kasus ini, yaitu dengan cara menyuntikkan satu sel sperma ke dalam satu sel telur.

Inkubasi dilaksanakan selama beberapa hari untuk memantau terjadinya pembuahan normal hingga membentuk embryo yang kemudian disemprotkan ke dalam rahim, 2 atu 3 hari setelah prosedur pengambilan sel telur dilakukan.

Intra Uterine Insemination atau Inseminasi buatan telah digunakan untuk merawat pasangan infertil dan merupakan penanganan untuk faktor suami seperti hipospadias parah, ejakulasi buruk, impotensi neurologis, dan disfungsi seksual. Inseminasi buatan juga telah digunakan sebagai alat untuk mengatasi loligospermia, astenospermia, volume ejakulasi rendah, antibodi antisperma, dan faktor istri seperti faktor servik.

Inseminasi intrauterin (IUI) telah dilakukan secara luas untuk menangani infertilitas dengan berbagai indikasi seperti faktor infertilitas pada pria, unexplained infertility, gangguan mukus serviks dan gangguan ovulasi. Untuk mendapatkan keberhasilan kehamilan pada IUI biasanya diperlukan sinkronisasi dengan ovulasi alami, atau dengan stimulasi siklus ovarium. Selain itu dilakukan pemisahan atau pencucian sperma, sebelum dimasukkan ke dalam kavum uteri.

Ovulasi Induksi adalah salah satu program reproduksi dibantu, dimana obat-obatan penyubur dipergunakan untuk untuk memicu pertumbuhan sel telur, hingga mencapai ukuran normal tertentu, agar menjadi matang dan siap untuk dibuahi sperma. Pada program ini, kondisi pria dikategorikan normal dimana hasil analisa sperma menunjukkan kondisi sel sperma normal dalam jumlah, bentuk, dan pergerakannya.

Adalah pola perhitungan masa ovulasi atau masa subur, berdasarkan rata-rata siklus haid pada pasien wanita.

Adalah layanan kultur embrio menggunakan teknologi timelapse incubator dimana pertumbuhan embrio di awasi secara ketat dengan lingkungan terkontrol dibawah incubator individual sehingga dapat mengoptimalisasi pertumbuhan embrio dan menghasilkan embrio berkualitas baik serta menyeleksi embrio.

Laparoskopi adalah suatu tindakan bedah minimal yang umumnya ditujukan untuk mengurangi resiko yang didapatkan pada operasi besar. Proses penyembuhan dengan laparoskopi jauh lebih cepat dibandingkan dengan operasi besar.

Pada kasus kandungan laparoskopi dilakukan dengan menggunakan teropong yang dimasukkan kedalam luka sayatan kecil berukuran 0.5-1 cm di pusar dan bagian bawah perut. Melalui akses ini dokter dapat memasukkan instrumen bedah yang ukurannya kecil tetapi dapat melakukan hal yang sama bila tindakan ini dilakukan melalui bedah konvensional.

Berbagai macam kondisi dapat dilakukan dengan cara pembedahan modern ini. Seperti kista kandung telur, mioma uteri, pengangkatan rahim (histerektomi), pengangkatan usus buntu dan kandung empedu. Tindakan ini dapat dilakukan dengan aman dan resiko pembedahan yang relatif rendah. Karena masa pemulihan yang sangat cepat pasien dapat pulang dalam waktu yang singkat.

Operasi pengambilan sel sperma pada buah zakar pria yang mengalami masalah pada jumlah atau kualitas sperma atau pada kasus Azoospermia, untuk selanjutnya dapat dilakukan tindakan bayi tabung.

Pre-implantation Genetic Testing for Aneuploidy atau PGT-A adalah teknologi terbaru untuk screening kromosom pada embrio sehingga dapat mengoptimalkan tingkat keberhasilan kehamilan Program Bayi Tabung.

Morula adalah klinik pertama di indonesia yang memiliki teknologi Pre-implantation Genetic Testing for Aneuploidy atau PGT-A.

Rekomendasi Dokter

Beberapa dokter spesialis yang dapat anda temui di Morula IVF Jakarta:

dr. A M Puguh, SpOG, M.Kes

Arina Megumi Budiani, M.Psi

dr. Nur Hafiz Ramadhona, Sp.And

dr. Aryando Pradana, SpOG

dr. Harry, SpAk

dr. Anggia M. Lubis, SpOG, FMAS, Msc (HumRepromed)

dr. Lina Rostini, SpAk

dr. Caroline Hutomo, Msc (HumanRepro), SpOG

dr. Ivan Sini, SpOG

Prof. Arief Boediono, Ph.D.

dr. Indra N.C Anwar, SpOG

dr. Augustine Y. Tandang

dr. Ira Primayana, SpAk

dr. Arie Adrianus Polim, D.MAS, SpOG (K)

dr. Irham Suheimi, SpOG

dr. Reino Rambey, SpOG

Prof. dr. Dr. Soegiharto S, SpOG-KFER

dr. Merry Amelya PS, SpOG

dr. Dr. Cindy Rani Wirasti, Sp.OG, KFER

dr. Batara Imanuel Sirait, SpOG (K) FER

 

Alamat

THE BIC Jalan Teuku Cik Ditiro No. 12-14, RT.8/RW.2 Gondangdia, Kec. Menteng Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10350